Jakarta? Contoh Kegagalan Urbanisasi?

Jakarta sekarang sangat penuh dengan perpindahan penduduk dari desa ke kota yang sering disebut dengan urbanisasi. Pengawasan dan kurangnya lahan pekerjaan di desa membuat banyak orang yang berpindah dari desa ke Jakarta berharap mendapat kehidupan yang lebih baik. Padahal kita masih bisa mendapat kehidupan yang lebih baik di desa karena banyaknya peluang yang dapat di manfaatkan.

Pola pikir orang harus dirubah, mereka berpikir kalau di Jakarta mudah mendapatkan uang. Mereka melihat teman atau saudaranya yang hanya modal nekat berhasil di Jakarta tetapi saat dia mengikutinya untuk nekat ke Jakarta dia tidak berhasil dan bingung akan melakukan apa di kota serta tidak dapat pulang ke desanya karena tidak memiliki uang.

Kurangnya pembelajaran dalam memanfaatkan sesuatu menjadi kendala dalam hal ini. Seharusnya lebih banyak lagi pelatihan-pelatihan yang di lakukan oleh pemerintah untuk memberikan ilmu-ilmu yang lebih agar penduduk desa tidak selalu ingin untuk datang ke Jakarta karena di dalam desanya pun mereka bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

(Urbanisasi)

Tinggalkan komentar